10 Phobia Paling Aneh yang Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Bagikan Artikel:

FB Google+ Twitter


Phobia/fobia adalah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap sesuatu hal atau fenomena. Biasanya phobia disebabkan karena seseorang mengalami trauma masa lalu dan biasanya trauma itu membekas di dalam pikirannya. Phobia ada bermacam-macam jenisnya, yang paling umum biasanya orang takut akan ketinggian, kematian, hewan, dan lain-lain. Tetapi disamping itu semua ada jenis phobia paling aneh diantara yang lainnya. Berikut ini adalah 10 phobia teraneh yang mungkin bikin kamu geleng-geleng kepala:

10). Uranophobia (Takut Terhadap Surga)


Biasanya orang-orang akan sangat takut terhadap neraka, tetapi apa jadinya bila orang memiliki ketakutan yang berlebih terhadap Surga? Inilah yang dialami penderita Uranophobia. Meskipun Surga adalah tempat yang aman dan tentram di akhirat, penderita Uranophobia akan sangat takut terhadap Surga karena mereka berpikir akan bertemu dengan Malaikat yang memiliki penampilan bersayap yang dapat menakut-nakuti mereka, terlebih pada Malaikat Maut.

Gejala yang ditimbulkan dari Uranophobia ini adalah gejala serangan panik seperti palpitasi, rasa gelisah, tremor, dan gejala kecemasan lainnya. Perlu perlakuan khusus untuk menghilangkan Uranophobia ini seperti melakukan terapi dan konseling dimana ketakutan akan Surga dibahas dan diatasi, serta terus memberi sugesti kepada penderita akan damainya Surga dan tak ada yang perlu dikhawatirkan.

9). Somniphobia (Takut Untuk Tidur)


Somniphobia adalah ketakutan yang berlebihan untuk tidur atau tertidur. Ada banyak hal yang menyebabkan orang menderita phobia ini, diantaranya adalah sleepwalking (berjalan saat tidur), takut mati dalam tidur (Thanatophobia), takut berbicara rahasia atau hal penting dalam tidur (mengigau), takut mengalami kelumpuhan atau sleep paralyze saat tidur, atau takut mengalami mimpi buruk. Somniphobia sangat berbahaya bagi penderitanya karena dapat menyebabkan berkurangnya ingatan, berkurangnya kesadaran mental, dan kehilangan kontrol yang diakibatkan oleh kurangnya tidur.

8). Cherophobia (Takut Terhadap Rasa Bahagia)


Cherophobia adalah ketakutan terhadap rasa bahagia. Biasanya penderita cenderung menghindar setiap kali ada sesuatu hal yang menyenangkan di sekitarnya. Salah satu alasan mengapa seorang terkena Cherophobia adalah keyakinan bahwa ketika seseorang merasa bahagia, hal-hal yang buruk akan segera terjadi.

7). Chrematophobia (Takut Terhadap Uang)


Menurutmu apakah memiliki banyak uang itu sungguh menyenangkan? Mungkin iya. Tetapi bagi penderita Chrematophobia lain lagi, karena penderita dari phobia ini akan sangat takut jika melihat atau menyentuh uang. Chrematophobia biasanya disebabkan oleh pengalaman traumatik yang berhubungan dengan uang. Gejala yang ditimbulkan dari Chrematophobia adalah sesak nafas, jantung berdebar, dan keringat yang berlebihan.





6). Hippopotomonstrosesquippedaliophobia (Takut Terhadap Kata-Kata yang Panjang)


Dari namanya saja sudah sangat aneh. Hippopotomonstrosesquippedaliophobia adalah ketakutan terhadap kata-kata yang panjang. Terkadang phobia ini dianggap bohongan atau hal yang konyol. Padahal phobia ini benar-benar nyata dan memang ada. Orang yang menderita Hippopotomonstrosesquippedaliophobia cenderung mengalami banyak kecemasan saat menghadapi kata-kata yang panjang. Gejala yang dapat ditimbulkan antara lain gemetar, menangis, merasa mual, sakit kepala, dan jantung berdebar cepat.

5). Epistemophobia (Takut Terhadap Ilmu Pengetahuan)


Epistemophobia adalah ketakutan terhadap ilmu pengetahuan. Phobia ini sangat merugikan bagi penderitanya, karena jika lebih lanjut, phobia ini akan menyebabkan Bibliophobia (takut terhadap buku), Sophophobia (takut belajar), Graphophobia (takut menulis), dan Doxophobia (takut mengutarakan pendapat).

4). Venustraphobia (Takut Terhadap Wanita Cantik)


Venustraphobia adalah ketakutan yang berlebihan terhadap wanita cantik. Phobia ini dapat disebabkan oleh trauma psikologis penderita yang berkaitan dengan wanita cantik di masa kecilnya. Gejala yang dapat ditimbulkan antara lain sesak nafas, jantung berdebar cepat, keringat yang berlebihan, gemetar, dan ketidakmampuan berbicara saat dekat wanita cantik. 

3). Haphephobia (Takut Menyentuh/Disentuh)


Haphephobia adalah jenis phobia yang langka, yaitu ketakutan yang berlebihan jika menyentuh atau disentuh. Penderita Haphephobia akan merasa cemas dan sangat panik jika ia disentuh orang lain. Jika si penderita menyentuh orang lain atau disentuh orang lain, ia akan merasakan sensasi seperti kulit terbakar. Phobia ini dapat disebabkan oleh kejadian masa lalu yang menyebabkan trauma.

2). Phobophobia (Takut Terhadap Phobia)



Phobophobia adalah ketakutan terhadap phobia atau rasa takut itu sendiri. Phobia ini sungguh membingungkan, coba pikirkan sendiri takut terhadap rasa takut, bagaimana jadinya? Tapi phobia ini memang nyata adanya. Orang yang menderita phobia ini sering terlihat takut tetapi takutnya itu tidak beralasan alias bersifat semu. Penderita phobophobia akan merasa takut jika dirinya menderita phobia.

1). Panophobia (Takut Terhadap Segalanya)


Ini adalah phobia paling aneh yang pernah saya dengar. Panophobia adalah ketakutan terhadap segala hal. Penderita dari phobia ini akan takut terhadap segala sesuatu yang bahkan mereka sendiri tidak dapat jelaskan kenapa mereka takuti. Hal terburuk dari penyakit psikologis ini biasanya berakhir dengan bunuh diri dan kematian. 

Labels: Aneh

Thanks for reading 10 Phobia Paling Aneh yang Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala. Jika dirasa berguna, silahkan share ke sosial media.

Bagikan Artikel:

FB Google+ Twitter

0 Response to "10 Phobia Paling Aneh yang Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala"

Posting Komentar

10 Phobia Paling Aneh yang Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala